Mar 21 2016

Internet Kampus Lambat, Mitos atau Fakta…?

Published by at 6:39 am under Celotehan,Umum

Internet Kampus Lambat, Mitos atau Fakta…?

 

Banyak sekali dan sudah sedari dulu sebenarnya permasalahan ini mencuat.  Benar atau tidaknya sebenarnya masih menjadi misteri sampai hari ini. Sebagai salah satu pengelola infrastruktur dan jaringan sebenarnya kami merasa sedih, karena hakekatnya kami sudah peras keringat putar otak untuk memberikan layanan yang optimal.
Fakta yang terjadi adalah setiap tahunnya bandwidth di kampus mengalami peningkatan yang relatif signifikan, hampir ada penambahan tiap tahunnya. Meskipun seiring jalan kehidupan kampus juga makin bergeliat, karena bertambahnya kuota mahasiswa, dan pengembangan sistem IT serta makin banyaknya yang memanfaatkan fasilitas IT yang ada khususnya internet.
Fakta yang berikutnya adalah peningkatan infrastruktur jaringan di lingkungan kampus pun semakin di geber, demi mewujudkan layanan yang prima. Tahun 2014 telah dikembangkan jaringan berbasis FO atar gedung berkapasitas 10G di kedua kampus (meskipun belum semua area tercover oleh jaringan FO), “harapannya ada pengembangan lanjutan di tahun berikutnya (namun masih berupa harapan sampai saat ini)”.
Fakta yang berikutnya karena trend dan tuntutan zaman mobility, karena menjamurnya device laptop dan smartphone, sampai dengan tahun 2015 kemarin telah di upayakan pula peningkatan wifi Access Point ke perangkat di level menengah, yang sebelumnya sebaran perangkat wifi Access Point masih di entri level. Namun memang belum semua area juga terpenuhi untuk perangkat AP yang middle level, sejalan dengan belum meratanya cakupan perangkat tersebut, di jumpai masalah baru, bahwa terdapat masalah juga mengenai peforma alat yang belum stabil (terkadang terjadi overload penggunaan, inteverensi sinyal, dan keamanan jaringan wireless menjadi isu berikutnya). “harapannya ada pengembangan lanjutan ke perangkat wifi access point yang high end level/enterprise, karena kompleksnya penggunaan dan peningkatan hit request access di lingkungan kampus (namun sampai saat ini juga masih menjadi harapan)”

Fakta yang lainnya juga di tahun 2014 di network kampus telah dilengkapi dengan perangkat firewall, tidak banyak orang yang menyadari hal tersebut memang tidak ada dampak langsung yang dirasakan pengguna, toh akses ke yahoo, facebook, google, atau yang lainnya melalui firewall atau tidak keluarnya juga web tujuan juga. Padahal bagi kami di sisi network sangat membantu sekali dalam upaya pengamanan jaringan di kampus, kami dapat filtering konten, filter terhadap malware/spyware dan keluarganya, dan turut membantu mencegah user terjebak ke link-link yang tidak dapat dipertanggungjawabkan keamanannya, tentu hal tersebut turut memberikan kontribusi melambatkan sedikit akses karena seluruh aksess melalui penyaringan terlebih daluhu (meskipun hanya kurang dari 0,5 % penurunan performancenya, namun hal tersebut tentu tidak terjadi dan lolos saja dari filtering jika sumbernya sudah terpercaya). Masalah yang timbul sebenarnya karena memang request yang banyak di jaringan kampus, sehingga terkadang menjadikan perangkat overload di resourcenya, namun memang skala overload perangkat intensitasnya masih kecil (terkadang saja), tapi yang terkadang itulah yang menjadi momok, saat dibutuhkan/di situasi yang penting tiba terjadi overload sehingga koneksi tidak lancar meskipun dalam hitungan menit saja dan nantinya di generalisir bahwa jaringan di kampus tidak beres selamanya….(curcol), dan harapannya ada pengembangan lanjutan ke perangkat firewall kelas di atasnya, namun masih juga berupa harapan (lha tahun 2016 ini lisensi sudah berakhir, dan mungkin tidak bisa diperpanjang untuk tahun ini, karena keterbatasan anggaran)….
Dari banyak fakta seperti yang terurai di atas, namun ada saja keluhan dan cercaan terkait koneksi internet (namanya saja orang banyak…). Dan untuk menjawab semua itu mari kita uraikan juga mitos/fakta yang kami jumpai dilapangan….pada saat ada keluhan entah tidak bisa koneksi atau lambat dan terkadang kami asistensi langsung ke user dijumpai :
  • Ditemukan virus yang menyebabkan kinerja komputer/laptop menjadi lambat. Nah, dalam kasus ini user/pengguna itu tidak sadar kalau PC/Laptop terinfeksi virus. Banyak klasifikasi virus menyebabkan peforma perangkat menjadi turun, bahkan ada yang menyebabkan tidak bisa terkoneksi dengan internet sama sekali. Langkang preventifnya dengan install ulang device dan pasang antivirus serta lebih aware terhadap hal ini.
  • Ditemukan pada browser user/pengguna terinstall plugin/add-on di luar defaultnya. Hal tersebut tentu sangat menggangu kinerja browser karena banyak sekali add-on pada saat browser dijalankan akan ditujukan ke website tertentu yang justru malah banyak menyita resource.
  • Ditemukan beberapa user/pengguna belum mengetahui atau memahami tentang cara mengkoneksikan device mereka ke wireless yang ada di kampus, seringkali wifi pada device belum diaktifkan, atau belum mengkoneksikan dengan ssid yang ada, atau salah memilih ssid di suatu lokasi, karena bagus tidaknya sinyal wireless turut berkontribusi atas stabilnya layanan yang terdelivery.
  • Ditemukan beberapa user/pengguna mengeluh tidak bisa koneksi ke jaringan wireless, setelah di follow up, banyak diantaranya tidak memperoleh IP, terkadang dalam hal ini user/pengguna menggunakan IP statik pada device mereka (entah sehabis koneksi dari mana, karena jaringan wireless di kampus menggunakan DHCP/otomatis IP router yang mengaturnya), dan apabila memang sudah menggunakan DHCP di devicenya, maka diperlukan koneksi ulang (connect-disconnect) atau memang perlu di restart devicenya).
  • Terlalu banyak akses ke YouTube, meskipun masalah yang berbeda YouTube adalah hal yang wajar mengingat banyak materi pelajaran/referensi yang dapat kita peroleh dari web tersebut. Hanya saja memang penggunaan bandwidthnya cukup besar. Untuk itu bagi yang mendengarkan lagu, misalnya, tidak usah dari youtube. Mungkin untuk yang seperti ini kita buat Radio Kampus saja, atau dari komputer lokal saja file lagu-lagunya (hal ini sifatnya hanya kesadaran pribadi masing-masing saja, karena tooh YouTube tidak mungkin diblokir di jaringan kampus).
Mungkin hanya beberapa hal tersebut yang dapat diutarakan di ruang maya ini, kejadian-kejadian anomali tersebut termasuk mitos/fakta tentu biarkan saja waktu yang menjawabnya.

Comments Off on Internet Kampus Lambat, Mitos atau Fakta…?