Jan 07 2016

Engga Bisa Konek WiFI??Masa sudah Kini-Masa Masih Kaya Gitu

Published by at 6:56 am under Celotehan,Networking,Ngeblog,Teknologi,Umum

Rasanya lama sekali tidak update blog probadi, karena bingung mau nulis apa. Sembari iseng nyoba lagi dari pada tidak ada isinya ini blog. Kali ini hanya sedikit share saja cara koneksi wifi, dimana alkisah ada sebuah dinasti yang sudah maju IT-nya, tapi banyak yang belum bisa memanfaatkannya dengan baik. Bukan hal besar, namun dimulai dari hal-hal kecil yang menyebabkannya.

Salah satunya, wilayah dinasti tersebut banyak sekali tercecer sinyal wifi, dan sampai tahun 2016 ini pasti masih ada saja yang belum familer dengan wifi (kerennya SSID). Oke mari kita bahas satu demi satu, apakah SSID itu?

SSID atau Service set identifier adalah tempat mengisikan nama dari access point yang akan disetting. Apabila klien komputer sedang mengakses kita misalnya dengan menggunakan super scan, maka nama yang akan timbul adalah nama SSID yang diisikan tersebut.

Biasanya SSID untuk tiap Wireless Access Point adalah berbeda. Untuk keamanan jaringan Wireless bisa juga SSID nya di hidden sehingga user dengan wireless card tidak bisa mendeteksi keberadaan jaringan wireless tersebut dan tentunya mengurangi risiko di hack oleh pihak yang tidak bertanggung jawab (https://id.wikipedia.org/wiki/Service_set_identifier). Jadi gampangnya SSID adalah nama sinyal jaringan yang muncul di perangkat wireless kita di suatu lokasi tertentu.

SSID tersebut dapat ditemukan melalui : WIFI0-2016-01-07 13_39_34-

 

Apabila lancar, dan perangkat wifi sudah aktif di laptop masing-masing akan muncul daftar SSID yang nantinya dapat kita gunakan (warning, jangan lupa perangkat wifi di laptop/gadget harus sudah dalam kondisi aktif/on karena banyak kasus engga bisa konek wifi, soalnya blm diaktifkan itu punya wifi di laptop) :

KonekWIFI-2016-01-07 13_38_58-

Setelah muncul daftar SSID-nya kita tinggal pilih mau digunakan/bisa digunakan. Beberapa SSID sudah diproteksi oleh empunya, apabila muncul konfirmasi password ya tinggal isikan saja. Dan akhirnya apabila tidak ada error maka koneksi wireless sukses.

Hanya semudah itu langkah-langkahnya, dan hal yang sepele tersebut sangat penting diketahui oleh pengguna, karena saat ini sudah eranya genMOBILE(generasi mobile), dimana semua orang yang terlahir ke dunia ini otomatis sudah dibekali perangkat/gadget yang mobile ke mana-mana(buktinya balita saja sudah maen game di gadget, atau malah udah pesbukan). Jangankan laptop, HP/Smartphone kini satu orang saja bisa punya 2 atau lebih, dan di tenteng kemana-mana, dan hal yang paling dicari adalah sinyal WiFI. Ibarat kata saat ini orang tidak terlalu galau kalau di dompetnya engga ada uang, tapi akan sangat galau kalau di hapenya engga ada sinyal WIFI, karena paket datanya limited..he he he.

Ya sudah hanya hal sesimple itu yang dapat saya tulis, dan akhirnya PR Dinasti tersebut adalah mampu tidak menjaga stabilitas jaringan wireless-nya, karena menjamurnya genMOBILE…..Sekian

Comments Off on Engga Bisa Konek WiFI??Masa sudah Kini-Masa Masih Kaya Gitu