Dec 09 2011

Penerapan IT yang salah kaprah

Published by at 2:40 pm under Celotehan

Tidak dapat dipungkiri bahwa perkembangan teknologi saat ini begitu pesatnya. Internet sudah dapat diakses dimana-mana (yang bisa…hehe), era sekarang koq ngga tau internet, wah ndeso….!!!  Karena takut dibilang ndeso ini mungkin beberapa kalangan cenderung memaksakan diri untuk bisa internetan, tanpa mempelajari lebih detail lagi seluk beluk internet, dan jarang banget update terkini tentang internet.

Akar permasalahan tersebut jika dirunut akan menyebabkan tirani atau modus baru dalam pemanfaatan IT. Banyak orang akan memakai banyak sekali jalan pintas untuk menerapkan IT dalam kehidupannya. Dari pada kemana-mana beberapa indikator salah kaprahnya IT  :

FUN dan Asyik

Siip, memang sih IT / utamanya internet menimbulkan gejala yang menyenangkan dan asyik, banyak yang betah berlama-lama di depan laptop / komputer (termasuk saya…hehe). Namun tidak disadari selain efek FUN dan asyik sebenarnya ada ngga asyiknya yaitu kita dituntut untuk peduli dan berhati-hati dan senantiasa selalu memperbaharui ilmu kita di dunia maya, karena bersamaan FUN dan asyik ini ancaman besar menghadang kita, ancaman virus kek, malware kek, phising kek, dan yang lain-lainya, so sudahkan kita care…???

Birokratisasi

Wah apa hubungannya sama birokratisasi yah…?? Sudah menjadi rahasia umum kan birokrat identik dengan kesemrawutan prosedur (bisa dipersulit koq dipermudah…hehe), ini dia yang menjadi bumerang bagi pengguna internet yang ngga doyan belajar, karena IT / internet penuh dengan prosedur yang harus dilewati, contoh yang gampang deh, mau menggunakan facebook kan harus registrasi dulu, ada unsur login/ log out, terkadang muncul konfirmasi untuk meningkatkan keamanan sandi dsb, sering dijumpai pop up, spam, dll. Jika tidak care dengan beberapa hal yang sebenarnya simpel suatu saat kita tidak bisa lagi menggunakan akun2 kita di internet deh….

Sekedar Jargon

“Kalo saya terpilih saya akan gratiskan biaya sekolah”, yah itu ungkapan ilustrasi tentang jargon kayak dikampanye. Penerapan IT masih sebatas jargon atau untuk pemanis saja, coba cek lagi disekitar kita, di dunia pendidikan saja masih banyak ditemui IT hanya sebagai pelengkat atau sekedar fasilitas tambahan, misal : “Ayo daftar di kampus kami, fasilitas lengkap ada laboratorium, ruang kelas, meja kursi, dosen, dan dilengkapi hotspot, dll”, waduh..banyak kan yang masih dijumpai yang ginian, padahal IT seharusnya menjadi tumpuan utama kelancaran kegiatan akademik. Tak heran jika IT hanya dikelola asal-asalan…. asal konek internet, asal bisa ngetik, asal bisa chating, asal bisa pesbukan, asal bisa nyalahin orang lain karena ngga bisa…hehe.

Sekadar Kemampuan

Banyak penerapan IT dikembangkan sesuai kemampuan SDM atau anggaran, namun alangkah baiknya penerapan IT itu sesuai kebenaran dan manfaatnya. SDM belum mampu harus digenjot untuk meningkatkan keilmuannya (eit… bukan hanya administrator systemnya yang di genjot, lebih benar lagi jika yang digenjot itu di tingkat operator dan penggunanya, sebab secanggih2nya si admin dan perangkat aplikasi yang dimiliki kalo di level pengguna tidak bisa make percuma mas bro…hehe).

Boros waktu di sistem yang lama

Para sys admin akan banyak menghabiskan waktu untuk merawat, memperbaiki, dan mengoptimalkan sistem yang sudah ada ketimbang implementasi sistem baru yang relatif waktunya lebih singkat. Namun hal tersebut sering kali dipandang sebelah mata oleh pucuk pimpinan atau unit lainnya, dikiranya sys admin ngga ada kerjaan karena belum ada sistem baru, padalah aslinya beneran maintenance sistem yang sudah berjalan itu bisa bikin botak….hehehe

Klaim keberhasilan

Pucuk pimpinan atau unit pengguna sistem akan mengklaim keberhasilan dan memamerkan kepada stakeholder  berkat kerja keras mereka. Namun jika ada kesalahan dalam pekerjaan sudah pasti sys admin yang kena semprot tanpa ampun, namun tidak ambil peduli untuk menyelidiki lebih lanjut memang system yang croudit atau operator aplikasi yang teledor atau ada faktor x…..

Banyak sekali sys admin yang menjadi tumpuan kesalahan konyol, seperti “Bagaimana ini kenapa komputer saya tidak bisa konek internet…??” padahal bisa jadi komputer kena virus karena keteledoran empunya….”Bagaimana ini internet saya kok lemot buat dunlut 4 hari ga selesai??” padahal belum tentu trobel di jaringan internal, bisa jadi server tujuan sedang sibuk ato emang lemot gitu ….. meskipun sepandai apapun kita jelaskan dengan sejujurnya tetep aja sys admin yang bermasalah bagi mereka…… so bagi sys admin mending sabar aja kalo ketimpa yang kayak ginian kan di iklan itu juga ada “tenang aja, doa orang teraniaya itu di dengar…” hehe

Comments Off on Penerapan IT yang salah kaprah