Aug 27 2010

Ulah virus yang bikin gregetan

Published by at 2:39 am under Software

Masalah seperti ini sebenarnya sudah ada semenjak dulu. Namun tidak ada salahnya saya ulas kembali, karena kebetulan juga  minggu ini trafik permintaan untuk mencari file di flashdisk sangat padat. Tentu saya paham betul bagaimana perasaan kehilangan file penting yang ada di flash, karena jaman kuliah dulu saya dan teman-teman sering mengalami hal tersebut. Bayangkan saja flash saya dulu isinya penting semua file Tugas Akhir (TA), lagu, gambar, film (tpi bukan film gituan lho..hehe) nah klo file saya hilang permanen bisa pending lulus kan??hehe, tp untungnya saya selalu menyediakan backup data penting di banyak media jadi nda terlalu khawatir sih, dan alhamdulilah tetep bisa lulus….tapi kalu nda punya gimn??

Begitu pula saat ini yang datang ke kantor (bukannya sombong lho..), beliau-beliau keliatan sangat khawatir, dan panik karena data file yang ada di flash tiba-tiba menghilang entah kemana. setelah di analisa dan dikaji (ciah kayak master aja  yah..) ternyata flash beliau2 menjadi korban virus. Setelah muter2 sana-sini ternyata ada beberapa treath buat ngatasin masalah ini, berikut di antaranya, namun kasus ini hanya bisa dilakukan kalo filenya di sembunyikan oleh virus .

Menggunakan cara konvesional, yaitu menggunakan fasilitas Folder Options karena hakekatnya data yg ada di flashdisk di berikan atribut sistem oleh virus sehingga secara default akan di sembunyikan oleh windows. Berikut step by stepnya, disini saya gunakan Windows 7.

  • Jalankan Windows Explorer
  • Klik menu Organize –> Folder and Search Options
  • akan muncul form baru Folder Options –> pilih tab View kemudian lakukan perubahan konfigurasi dari defaultnya seperti di bawah ini

    Setelah menghilangkan beberapa cek list seperti di atas kemudian OK
  • Apabila tidak ada halangan semua file yang disembunyikan oleh virus akan tampil kembali, namun tetap dalam atribut hiden. Ada beberapa kelemahan dalam metode ini antara lain apabila flash dibuka di komputer lain dengan konfigurasi Folder Options masih standart maka file tetap tidak tampil, selain itu metode ini biasanya tidak bisa berjalan apabila komputer sudah terinfeksi virus karena meskipun sudah di rubah konfigurasinya (sampai 100x pun) akan tetap kembali ke standart.

Metode yang selanjutnya adalah dengan merubah paksa atribut file yang di flashdisk, yaitu menggunakan fasilitas command prompt, caranya adalah sebagai berikut :

  • Buka aplikasi command prompt dari Start Menu –> Run (ketikkan cmd trus enter).
  • Dari promt tersebut ketikkan lokasi drive flashdisk, kebetulan di tempat saya i, jadi saya ketikkan di command line dengan perintah ‘ i: ‘ trus enter (tanpa tanda petik).
  • Kemudian ketikkan perintah ‘ attrib -s -h *.* /s /d ‘ kemudian enter (tanpa tanda petik tentunya).
  • Tunggu sebentar, lama tidaknya proses tergantung banyaknya isi file dalam flash, setelah selesai maka seluruh file yang di sembunyikan virus tampil lagi, dan selain itu apabila pindah ke lain komputer tetap tetap tampil.

Sekian saja artikel kali ini, semoga bermanfaat dan mohon maaf apabila dalam penyampaiannya masih banyak kekurangan.

Comments Off on Ulah virus yang bikin gregetan